-->

Orang yang Bagaimana yang Dapat Dikategorikan Sebagai Manusia saleh?

Orang yang Bagaimana yang Dapat Dikategorikan Sebagai Manusia saleh?
Orang yang Bagaimana yang Dapat Dikategorikan Sebagai Manusia saleh?
Pertanyaan:
Orang yang bagaimana yang dapat dikategorikan sebagai manusia saleh?

Jawab:
Seorang saleh ditanya tentang jalan hidupnya di dunia, dia menjawab, "Saya sadar, bahwa saya tidak terlepas dari pengawasan Allah sekejap pun, karenanya saya malu berbuat dosa.

Saya sadar bahwa rezeki yang saya akan terima tidak akan lepas dari saya, karenanya saya selalu puas. Saya sadar bahwa saya menanggung beban dan utang yang tidak bisa dibayar oleh orang lain. Karena itu saya selalu sibuk melaksanakan dan melunasi.

Saya tahu bahwa ajal sedang memburu diri saya karenanya saya buru-buru mendekatinya."

Orang saleh ciri utamanya ialah punya rasa malu. la malu kepada Allah atas segala pelanggarannya.

la merasa selalu dilihat Allah. Bagaimana ia melanggar hak orang, sedang orang yang dilanggarnya melihat dan memAndangnya?

Manusia terkadang malu kepada sesama manusia, tetapi tidak malu kepada Allah.
Yang benar ialah, jika ia berbuat salah, akan malu kepada manusia juga kepada Allah.

Allah swt. berfirman dalam hadits Qudsi,

"Apabila kamu mengira bahwa aku tidak melihat dan mengawasi kamu maka kerusakan terletak pada keimananmu. Apabila kamu yakin bahwa aku melihat dan mengawasi kamu, mengapa kamu jadikan aku pengamat yang paling tidak kamu perhitungkan?"


Sumber Pustaka:

Sya’rawi, Muhammad Mutawai.  2007. Anda Bertanya Islam Menjawab. Diterjemahkan Oleh: Abu Abdillah Almansyur. Jakarta. Gema Insani
Advertisement