Rabu, 08 Juni 2016

Bolehkah Suami Memakai Cincin?

 

Cincin adalah salah satu perhiasan yang menjadi kesukaan para wanita. sehingga cincin juga merupakan benda yang mengisyaratkan sifat-sifat wanita yang menyukai keindahan. Berbeda dengan laki-laki yang tak memerlukan perhiasan untuk memperindah dirinya. Maka banyak pendapat yang mengatakan bahwa laki-laki mengenakan cincin hukumnya haram. Lalu bagaimana dengan seorang suami yang memakai cincin pernikahan, apakah dilarang juga?

Perhiasan memang identik dengan wanita. dalam Islam laki-laki memang dilarang menggunakan perhiasan terutama yang berbahan dasar emas. Logam ini memang diharamkan oleh nabi Muhammad yang diriwayatkan dalam sebuah hadits. Di mana nabi mengatakan pada para sahabat bahwa emas dan sutra diharamkan bagi kaum laki-laki.

Hal ini tentu akan menjadi suatu kebingungan bagi kaum laki-laki yang telah menikah. Dalam sebuah pernikahan pasti akan ada sepasang cincin untuk dikenakan laki-laki dan perempuan. Seorang suami biasanya juga akan memakai cincin pernikahan. Hal ini dalam Islam diperbolehkan bagi laki-laki namun cincin tersebut tidak boleh terbuat dari emas. Anda kaum laki-laki boleh memakai cincin yang terbuat dari logam selain emas sebab ini jelas dilarang agama. Anda dapat memakai cincin pernikahan dengan bahan titanium, perak atau platina.

Seorang suami yang memakai cincin pernikahan dibolehkan asal bukan dari emas. Bahkan laki-laki juga dibolehkan mengenakan selain cincin pernikahan, mungkin yang saat ini merebak adalah fenomena cincin batu akik, semua cincin tersebut bukan berasal dari emas. Namun perlu diingat bahwa pemakaiannya tidak boleh berlebihan dan tidak diniatkan untuk pamer oleh para lelaki. Karena hal ini dilarang dalam Islam.

Selain itu memakai cincin pernikahan oleh pria dan wanita tidak boleh sampai ada niat lain yang mengarah kepada syirik. Misalkan memakai cincin tersebut supaya pasangannya bertahan selamanya, dengan cincin itu pasangan akan langgeng, bila dilepas maka pasangan akan terputus,dsb. Hal ini sudah jelas mengarah pada syirik. Maka Anda harus menghindari persangkaan seperti ini.

Selain itu perlu dihati-hati saat Anda membeli cincin pernikahan di toko emas, jangan sampai Anda salah paham dengan istilah emas putih. Emas putih yang dijual bukanlah terbuat dari perak namun itu adalah emas yang dipoles dengan bahan lain. Jadi pada dasarnya itu tetaplah berbahan emas.

Maka kesimpulan yang dapat kita ambil dari ulasan ini adalah, seorang suami diperbolehkan memakai cincin pernikahan asalkan cincin tersebut tidak berbahan emas. Karena emas adalah salah satu yang diharamkan oleh Rosulullah bagi kaum laki-laki. Semoga bermanfaat.
= = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = =
META
Judul                                    : Bolehkah Suami Memakai Cincin?
Deskripsi  : Cincin adalah salah satu perhiasan yang menjadi kesukaan para wanita. sehingga
cincin juga merupakan benda yang mengisyaratkan sifat-sifat wanita yang menyukai keindahan. Berbeda dengan laki-laki yang tak memerlukan perhiasan untuk memperindah dirinya. Maka banyak pendapat yang mengatakan bahwa laki-laki mengenakan cincin hukumnya haram. Lalu bagaimana dengan seorang suami yang memakai cincin pernikahan, apakah dilarang juga? Temukan jawaban selengkapnya dalam artikel berikut.

Keywords                        : memakai cincin pernikahan

0 Silahkan dikomentarin :-):

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com