Rabu, 08 Juni 2016

Cara Memilih Teman Karib Sesuai Anjuran Islam

           

 Sebagai makhluk sosial, manusia tidak akan bisa hidup sendiri. Dalam menempuh perjalanan hidup yang panjang, yang penuh dengan tantangan, kita membutuhkan seseorang yang selalu ada di samping kita, memotivasi dan memberikan kita saran serta keceriaan. Bersamanya kita akan dapat berbagi segala suka dan duka kehidupan. Itulah yang disebut dengan teman. Seorang teman juga akan menentukan cara pikir kita, maka dari itu dalam memilih sosok teman karib, kita harus benar-benar memilihnya dengan seksama. Rasulullah saw pernah bersabda yang artinya: “seseorang itu berada pada agama teman karibnya, maka hendaklah salah seorang di antara kalian melihat siapakah yang ia jadikan teman karibnya”. (HR. Abu Dawud, At-Tirmidzi, dan Ahmad). Nah, untuk memilih sahabat karib, dalam islam menganjurkan:

  1. Pilihlah teman karib yang memiliki akidah dan akhlak yang baik.
Ada suatu kisah mengenai hal ini, dulunya ketika paman Rasulullah SAW yakni Abu Thalib sedang dalam keadaan sakaratul maut, beliau di temani oleh tiga orang, yaitu Rasulullah, Abu Jahl, dan Abdullah bin Abi Ummayah. Yang mana dua orang terakhir itu ialah orang kafir Quraisy. Rasulullah menyerukan agar pamannya mengucap ‘laa ilaha illallah’ yang mana tersebut itu ialah satu kata yang akan Rasulullah jadikan bahan pembelaan untuk pamannya di hadapan Allah. Tetapi kedua tokoh kafir yang berada disana terus mempengaruhi Abu Thalib untuk tidak menyebutkan kalimat laa ilaha illallah, hingga akhirnya Abu Thalib meninggal dalam keadaan kufur dengan tetap memlih agama Abdul Muthalib. (Pada hadist riwayat Al-Bukhari, no.1360; Muslim, no.131; An-Nasai, no.2034).

  1. Orang yang tidak rakus, yang taat beribadah dan menjauhi maksiat. Teman karib menentukan kegiatan yang kita lakukan, apabila ia adalah seorang yang dekat sekali dengan maksiat, maka kita juga bisa terjerumus ke dalamnya, apabila benteng dalam diri kita tidak kuat. Maka pilihlah teman yang memiliki kegiatan-kegiatan positif agar kita pun terseret ke dalam kebaikan.

Nah, sekian penjabaran tentang uraian di atas. Semoga dapat bermanfaat.

= = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = =

META
Judul                                    : Cara Memilih Teman Karib Sesuai Anjuran Islam
Deskripsi  : untuk memilih sahabat karib, dalam islam menganjurkan:
Keyword  : Teman karib


0 Silahkan dikomentarin :-):

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com