Selasa, 07 Juni 2016

Rahasia Sehat Dengan Shalat


Seringkali ada pepatah mengatakan, “Lebih baik mencegah daripada mengobati”. Pepatah tersebut menekankan untuk selalu menjaga kesehatan tubuh. Begitu mahalnya sehat hingga seseorang rela menghabiskan materinya untuk berobat ketika sakit. Begitulah, nikmat sehat yang kadang tidak kita sadari. Sehat adalah kondisi dimana tubuh tidak mengalami gangguan dan dalam kondisi fit. Kesehatan bisa dijaga dengan selalu menerapkan pola hidup sehat seperti melakukan olahraga secara rutin dan menjaga pola makan. Karena pada dasarnya, penyakit datangnya dari pola hidup yang tidak sehat dan pola pikir yang berlebihan.

Selain menjaga pola hidup sehat, ada aktivitas lain yang membuat tubuh sehat, yaitu shalat. Shalat merupakan ibadah yang dilakukan oleh setiap umat Islam, baik shalat wajib maupun sunah. Inilah rahasia sehat dengan shalat yang belum banyak kita ketahui. Shalat yang kita lakukan sehari-hari itu ternyata memiliki khasiat luar biasa untuk kesehatan. Setiap gerakan shalat yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW akan bermanfaat jika dilakukan dengan tuma’ninah, istiqomah, dan benar. Allah SWT ternyata tidak semata-mata memerintahkan untuk sholat, melainkan ada aspek kesehatan yang kita dapat selain pahala.

Mulai dari bacaanya saja, jika kita melafalkannya dengan khusuk serta menjalin komunikasi dengan Allah SWT, maka jiwa kita akan tenang. Sedangkan manfaatnya secara fisik adalah tercermin dari setiap gerakannya. Sehat dengan shalat dapat kita lakukan mulai gerakan takbiratul ihram. Gerakan takbiratul ihram dapat melancarkan aliran darah dan getah bening serta menjaga kekuatan otot lengan. Kemudian gerakan tangan didekapkan ke perut bermanfaat untuk mencegah gangguan persendian. Gerakan selanjutnya adalah ruku’. Ruku’ yang dilakukan secara tenang dapat menjaga kelenturan tulang belakang yang berisi sumsum tulang belakang serta melancarkan aliran darah. Selain tulang belakang, kelenturan tuas sistem keringat yang terdapat di pungggung, pinggang, paha dan betis, tulang leher, tengkuk dan saluran syaraf memori belakang pun juga terjaga. Ruku’ yang sempurna ditandai dengan posisi kepala lurus dengan tulang belakang. Posisi ini adalah posisi dimana jantung sejajar dengan otak, sehingga aliran darah maksimal pada tubuh bagian tengah. Sedangkan tangan yang bertumpu di lutut bermanfaat untuk merelaksasikan otot bahu hingga bawah.


Gerakan sehat dengan shalat selanjutnya adalah i’tidal. Pada gerakan ini darah dari kepala akan turun sehingga tekanan darah pada pangkal otak akan berkurang. Hal ini dapat menjaga keseimbangan tubuh. Berikutnya adalah gerakan sujud. Manfaat luar biasa dari sujud adalah memaksimalkan aliran darah dan oksigen ke otak atau kepala, termasuk pula ke mata, telinga, leher, dan pundak, serta hati. Melakukannya dengan baik dapat menekan resiko jantung koroner. Selain itu, gerakan sujud menyebabkan oksigen dapat mengalir dengan sempurna ke otak. Dengan begitu daya pikir seseorang akan lebih baik. Penyakit lainnya yang dapat dihindari adalah wasir. Bagi wanita, gerakan ini bermanfaat untuk kesehatan dan kesuburan organ kewanitaan. Gerakan sehat dengan shalat selanjutnya adalah duduk diantara dua sujud. Melakukan gerakan ini dengan benar dapat menyeimbangkan sistem syaraf tubuh. Duduk iftirosy membantu menghindarkan dari nyeri pada pangkal paha yang sering menyebabkan seseorang kesulitan untuk berjalan. Sedangkan duduk tawarru’ sangat bermanfaat bagi pria yaitu mencegah impotensi. Hal ini disebabkan tumit menekan aliran kandung kemih, kelenjar kelamin pria dan saluran vas deferens. Ternyata di gerakan terakhir shalat pun masih ada manfaatnya, yaitu salam. Gerakan salam, memutar kepala ke kanan dan kiri secara maksimal dapat merelaksasikan otot leher dan melancarkan aliran darah sehingga. Gerakan tersebut dapat menjaga kekencangan kulit wajah dan mencegah sakit kepala. Dengan begitu banyaknya manfaat, tidak salah bila banyak orang yang ingin sehat dengan shalat.


0 Silahkan dikomentarin :-):

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com