-->

Waktu Waktu Terbaik untuk Melaksanakan Shalat Tahajud

Waktu Waktu Terbaik untuk Melaksanakan Shalat Tahajud
Waktu Waktu Terbaik untuk Melaksanakan Shalat Tahajud
Shalat tahajud adalah shalat sunah yang sulit di laksanakan bagi orang yang belum terbiasa. Pasalnya waktu pelaksanaan shalat sunah ini adalah malam hari. Di mana malam hari tersebut adalah waktu kebanyakan orang sedang tidur istirahat malam. Shalat tahajjud sebenarnya memiliki banyak manfaat bila di laksanakan. Untuk itu shalat sunah ini sangat di anjurkan untuk umat muslim. Untuk masalah waktu sendiri shalat ini sendiri sebenarnya sudah ada penjelasannya.

Berikut tiga waktu dimana shalat tahajjud dapat dilaksanakan :

Sepertiga pertama
Shalat tahajjud sebenarnya dapat di laksanaan pada sepertiga pertama. Waktu sepertiga pertama tersebut sekitar pukul 7 sampai 10 malam. Menjalankan shalat tahajud pada waktu tersebut sebenarnya cukup ringan karena belum terlalu larut.
Sepertiga kedua
Sepertiga kedua adalah waktu yang lumayan sulit di lakukan. Karena sepertiga kedua ini berada sekitar pukul 10 sampai 1 malam. Untuk orang yang belum terbiasa melakukan shalat pada jam tersebut sangatlah sulit.
Sepertiga ketiga.
Sepertiga ketiga adalah waktu yang paling berat. Karena sepertiga ketiga berada sekitar 1 jam sebelum waktu subuh.
Dari ketiga pembagian waktu tersebut waktu yang paling baik untuk melaksanakan shalat tahajjud adalah pada sepertiga ketiga. Hal tersebut memang sangatlah sulit, karena pada jam tersebut orang sedang tidur sangat nyenyak dan sulit untuk di bangunkan. Hal tersebut juga di tunjang dengan sabda Rasulullah Muhammad SAW “Perut malam yang masuk tinggal adalah 1/3 yang terakhir. Sayangnya sedikit sekali orang yang melaksanakannya”. HR Ahmad.
Menjalankan shalat tahajjud pada sepertiga malam ketiga memanglah yang terbaik. Pada sepertiga malam ketiga tersebut Allah menyempatkan waktunya untuk melihat hambanya yang ada di dunia, dan bila seseorang memohon kepadanya niscaya akan di kabulkan. Seperti sabda Rasulullah “ Barang siapa yang menyeru-KU, akan aku perkenankan seruannya. Barang siapa yang meminta kepada-KU, Aku perkenankan permintaannya. Dan barang siapa meminta ampunan kepada-KU, Aku ampuni dia.” HR Bukhari dan Muslim.

Dengan hal tersebut apakah waktu tetap menjadi masalah lagi ? dirikanlah sholat tahajjud mulai dari sekarang.
Advertisement