-->

WaW ! Inilah Manfaat BAB Dengan Berjongkok Menurut Islam

WaW ! Inilah Manfaat BAB Dengan Berjongkok Menurut Islam
WaW ! Inilah Manfaat BAB Dengan Berjongkok Menurut Islam



Agama Islam pun selalu mengajarkan kepada umatnya untuk melakukan segala sesuatu sesuai dengan tata cara yang dianjurkan supaya mendatangkan manfaat bagi mereka dan mendapatkan pahala. Buang air besarpun juga ada tata caranya sendiri. Nabi Muhammad S.A.W. telah mengajarkan kepada kita jika ingin buang air besar atau buang air kecil dengan berjongkok. Karena ternyata manfaat BAB jongkok menurut islam juga telah disebutkan.
Sesuai dengan anjuran Nabi Muhammad S.A.W. untuk berjongkok ketika membuang hajat. Aisyah RA berkata, “Barang siapa yang menceritakan kepada kalian bahwa Nabi S.A.W. buang air kecil sambil berdiri, maka janganlah kalian percaya. Beliau tidak pernah buang air kecil kecuali sambil duduk.” Maksud kata terakhir dalam hadist tersebut yang menyebutkan “sambil duduk” yaitu dengan cara jongkok. Jongkoknya Nabi Muhammad S.A.W. ketika buang hajat karena kondisi WC dan juga pakaian yang beliau gunakan. 
Manfaat BAB jongkok menurut islam ini juga didukung penelitian yang telah dilakukan oleh Henry L. Bockus seorang ahli Gastroenterology tentang BAB dengan jongkok, diperoleh hasil bahwa posisi buang air besar (BAB) yang benar adalah jongkok bukan duduk, karena dengan posisi jongkok akan memberikan sebuah tekanan sehingga kotoran akan lebih mudah keluar. Beliau juga mengatakan “Postur ideal seseorang buang air besar yaitu dengan posisi jongkok serta paha tertekuk ke perut. Langkah ini mengurangi kapasitas rongga perut sehingga tekanan intraabdomen meningkat dan mendorong kotoran untuk keluar.
                Beliau menjelaskan bahwa “When you poop, the puborectalis muscle loosens its hold on the rectum to allow waste to flow out. However, in the sitting position, the hold is only relaxed partially. In the squatting posture, the hold is completely relaxed, allowing for a smoother passage.” Maksudnya yaitu ketika kita BAB, sebaiknya otot puborectalis mengendurkan cengkramannya pada rectum sehingga memungkinkan kotoran untuk mengalir keluar. Apabila BAB dengan jongkok, otot tersebut mengalami relaksasi yang sempurna sehingga manfaat BAB jongkok menurut islam, disini dinyatakan terdapat dorongan untuk mengeluarkan kotoran yang ada.
Tetapi seiring dengan kemajuan zaman, tidak hanya fashion saja yang ikut berkembang tetapi kebiasaan orang untuk buang air besar (BAB) juga mengalami perubahan yang dulunya dengan berjongkok sekarang banyak yang melakukan kegiatan buang air besar dengan cara duduk. Tahukan Anda, ternyata banyak sekali manfaat BAB jongkok menurut islam yang bisa diperoleh. Diantaranya yaitu:
1.    Manfaat BAB jongkok menurut islam pertama ialah bisa mengurangi sembelit, kembung, dan gas
2.    Mempercepat proses buang air besar (BAB)
3.    Mengurangi ketegangan
4.    Melatih otot panggul dan mengontrol kandung kemih
5.    Mengurangi gejala wasir
6.    Manfaat BAB jongkok menurut islam terakhir ialah meningkatkan kesehatan usus besar secara keseluruhan


Ternyata manfaat BAB jongkok menurut islam tidak hanya didukung oleh kaum muslim, namun oleh beberapa studi klinis yang telah dilakukan juga memberikan andil yang cukup besar untuk membuktikan bahwa BAB dengan jongkok memberikan manfaat untuk kesehatan. Yang pertama yaitu  penelitian yang dilakukan pada tahun 2010 di Jepang, diperoleh hasil bahwa BAB dengan berjongkok menurunkan tekanan perut dan ketegangan otot dibandingkan dengan duduk. Selain itu studi klinis juga pernah dilakukan di Israel pada tahun 2003 dan memberikan hasil yang sama serta memberikan komentar bahwa orang-orang di lokasi-lokasi yang menggunakan toilet jongkok jarang yang terkena masalah wasir, sembelit. Dan divertikulitis (penyakit pencernaan).
Demikian ulasan seputar manfaat BAB jongkok menurut islam yang dapat kami jelaskan, semoga semakin menambah wawasan anda.
                                                                                                                 
META
Judul              :  Manfaat BAB Jongkok Menurut Islam
Deskripsi      :  Agama Islam pun selalu mengajarkan kepada umatnya untuk melakukan segala sesuatu sesuai dengan tata cara yang dianjurkan supaya mendatangkan manfaat bagi mereka dan mendapatkan pahala. BAB dengan jongkok sangat dianjurkan oleh Agama Islam. Nabi Muhammad S.A.W. telah mengajarkan kepada kita untuk BAB ataupun buang air kecil dengan berjongkok.
Keyword      :  Manfaat BAB Jongkok Menurut Islam

Advertisement