-->

Jujur Membawa Mujur

Jujur Membawa Mujur
Jujur Membawa Mujur

Selalu bangga menjadi orang muslim karena islam adalah agama yang mulia. Islam mengajarkan kepada seluruh pengikutnya untuk selalu jujur dalam setiap keadaannya. Begitu juga islam mengharamkan kepada sifat dusta dan mencela perbuatan dusta. Allah swt menjelaskan hal tersebut dalam banyak ayat di dalam Al quran. Diantaranya yaitu dalam Quran surat At Taubah yang mana dalam ayat tersebut Allah memerintahkan kepada hambanya untuk senantiasa bertakwa dan bersama orang-orang yang memiliki sifat jujur.
Orang yang senantiasa memiliki sifat jujur akan selalu diiringi dengan keutamaan dan keutnungan, jadi kita harus selalu yakin dan menjaga yang namanya sifat jujur tersebut. Diantaranya keuntungan atau keutamaan tersebut adalah:
Ketenangan di dalam hati orang-orang yang jujur.Orang yang selalu jujur akan mendapatkan ketenangan di dalam hatinya. Orang yang jujur akan selalu merasa aman dengan kejujuran yang telah dia lakukan. Berbeda halnya dengan orang yang suka berdusta yang hidup mereka selalu diliputi keresahan dan kebimbangan.

Orang yang sudah terbiasa berbohong, maka untuk membela diri dari kebohongannya dia akan selalu berbohong yang akan meciptakan kebohongan lainnya, sehingga hidupnya dipenuhi dengan kebohongan. Orang yang hidupnya selalu begitu tidak akan bahagia di dunia dan di akhirat.
Dilimpahi  keberkahan hidup oleh Allah swt. Seorang yang memiliki sifat jujur di dalam kesehariannya dengan orang lain, maka dia akan mendapatkan keberkahan di dalam hidupnya. Dalam sebuah hadist Rosulullah menunjukkan bahwa kejujuran itu bisa mendatangkan keberkahan dalam hal apapun salah satunya adalah dalam jual beli.

Mati syahid .Menjadi orang yang mati dalam keadaan diridhoi Allah atau mati syahid adalah cita-cita setiap mukmin yang sempurna keimanannya. Keutamaan orang mati dalam keadaan syahid sangat banyak dan besar. Dalil-dalil yang membahas tentang keutamaan mati dalam keadaan syahid juga banyak disebutkan dalam Al quran dan hadist Rosulullah saw. Karena sekarang ini sangat susah untuk bisa menjadi orang yang mati dalam keadaan syahid di medan pertempuran, ada banyak syarat yang harus kita penuhi untuk bisa ikut berjihad dan tidak sembarangan, maka tidak semua orang bisa ikut serta didalamnya. 

ALLAHU A’ALAM,,,
Advertisement