-->

Manfaat Tidur Miring Kanan Menurut Medis

Manfaat Tidur Miring Kanan Menurut Medis
Manfaat Tidur Miring Kanan Menurut Medis


Imam Ibnu Katsir mengatakan bahwa salah satu tanda kebesaran Allah adalah memberikan waktu tidur di malam dan siang hari yang dengan itu kita mendapatkan ketenangan dan kelapangan serta menghilangkan kepenatan. Selain makan dan minum, kita bisa memperoleh banyak energy baru setelah tidur. Tidur adalah siklus alami dari sistem kerja tubuh manusia membutuhkan istrahat agar tubuh dapat bekerja lagi.
Beberapa manfaat tidur dengan posisi sebelah kanan yaitu:

1.            Mengistirahatkan Otak Sebelah Kiri

Dengan tidur pada posisi sebelah kanan, maka otak bagian kiri  terhindar dari bahaya yang timbul karena sirkulasi yang melambat saat tidur atau diam, bahaya tersebut diantaranya yaitu penyempitan pembuluh darah yang membuat orang bisa terkena stroke.

2.     Beban Jantung Jadi Berkurang

Tidur miring ke kanan membuat jantung tidak tertimpa organ lainnya. Tidur dengan posisi kiri membuat curah jantung menjadi berlebihan, dan membuat jantung menjadi lelah. Ketika tidur dengan posisi miring maka itu akan membantu paru-paru kanan untuk mendapatkan darah lebih banyak.

3.    Mengistirahatkan Lambung

Jika kita tidur menghadap sebelah kiri maka itu akan memperlambat proses pengosongan Lambung. Dengan posisi tidur sebelah kiri juga akan menyebabkan cairan usus masuk lagi ke dalam lambung kita. Oleh sebab itu cobalah untuk menjaga posisi tidur ke sebelah kanan.

5.    Merangsang Buang Air Besar

Dengan tidur miring ke sebelah kanan, maka proses pengisian usus besar akan lebih cepat penuh, jika sudah penuh itu akan merangsang gerak usus besar  sehingga mudah buang air Besar.


6.    Menjaga Kesehatan Paru-Paru

Ukuran paru-paru kiri kita memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan paru-paru kanan kita. Jika posisi tidur kita miring ke kanan maka jantung kita akan condong ke kanan.

7.    Menjaga Saluran Pernafasan

Dengan posisi tidur miring dapat menghindari lidah agar tidak jatuh ke pangkal yang dapat mengganggu pernapasan. Sedangkan tidur dengan posisi terlentang bisa mengakibatkan saluran pernafasan terhalang oleh lidah.

Sungguh sangat sombong jika manusia tidak mengikuti aturan Allah swt yang maha kuasa, tidak mengantuk apalagi tidur. Sedangkan manusia tidak bisa lepas dari hal-hal tersebut…

Advertisement