-->

Menjadi Guru Yang Baik Itu Harus Begini,,

Menjadi Guru Yang Baik Itu Harus Begini,,
Menjadi Guru Yang Baik Itu Harus Begini,,


Profesi yang mulia itu salah satunya adalah menjadi guru yang mana semakin bermanfaat ilmu yang diberikan maka semakin mulialah orang tersebut dan ilmu yang paling mulia secara mutlak adalah ilmu syari’at, baru kemudian ilmu-ilmu pengetahuan yang lain. Guru tidak hanya sekedar menyampaikan materi, karena tugas seorang guru itu sangt berat dan tidak mudah. Seorang guru itu seharusnya mengambil contoh dari Rosulullah shallahu alaihi wasallam bagaimana seharusnya menjadi guru yang baik,,,

Ikhlas karena Allah swt
Ini adalah sebuah perkara yang agung yang dilalaikan oleh sebagian para guru yaitu membangun dan menguatkan hati dalam mengajarkan ilmu-ilmu Allah semata karena Allah swt juga. Setiap ilmu tentang Allah yang kita pelajari adalah mulia dan sangat bermanfaat untuk hidup kita, tapi sayangnya tidak semua mendapatkan dan merasakan manfaat tersebut.
Demikian itu disebabkan karena pemiliknya tidak mengikhlaskan ilmu dan amal yang mereka lakukan semata-mata karena Allah subhanahu wataala. Biasanya tujuan yang mereka sebenarnya lakukan bukan untuk memberi manfaat bukan untuk memberikan manfaat, yang  ingin mereka dapatkan hanyalah demi bisa mendapatkan kehormatan dan kedudukan dihadapan manusia
Ada sebagian orang yang mendapatkan manfaat dari ilmu tersebut tapi sayangnya hanya sebatas untuk kehidupan dunia saja misalnya supaya mendapat pujian atau gelar sebagai orang yang baik. Dalam sebuah hadist dijelaskan bahwasanya orang yang belajar dan mengajarkan ilmu supaya dikatakan orang yang alim maka Allah subhanahu wataala akan menjerumuskannya ke dalam api neraka.

Jujur
Sifat jujur seorang guru itu diibaratkan seperti mahkota yang dia kenakan, maka jika sifat itu hilang maka dia akan kehilangan mahkotanya dan kepercayaan orang-orang tentang apa-apa yang dia ajarkan dan sampaikan. Jujur adalah kunci keselamatan hamba di dunia dan di akhirat.
Gelar Rosulullah shallahu alaihi wasallam adalah “ al-amin” yang aritnya orang yang terpercaya. Hal yang demikian itu memberikan pengaruh yang sangat besar sekali agar  manusia mau masuk ke dalam agama Allah subhanahu wataala. Bergitupun seorang guru, kejujuran yang ia miliki akan mengantarkannya kepada kepercayaan orang-orang agar mau menerima apa yang dia sampaikan kepada mereka.
jadi,,,saatnya menjadi guru yang sebenarnya,,,!!!!



Advertisement