-->

Motifasi Luqman Kepada Anaknya Dalam Surat Luqman yang Bisa Diambil Pelajaran Oleh Kita Semua

Motifasi Luqman Kepada Anaknya Dalam Surat Luqman yang Bisa Diambil Pelajaran Oleh Kita Semua
Motifasi Luqman Kepada Anaknya Dalam Surat Luqman yang Bisa Diambil Pelajaran Oleh Kita Semua

Motifasi Luqman dalam Surat Luqman
              Orang tua adalah segalanya dalam hidup kita dan berkat kedua orang tua kita bisa menjadi seperti sekarang. Bimbingan orang tua kita lah yang mendewasakan kita. Dan bersyukurlah kepada Allah SWT dan barang siapa yang bersyukur kepada Allah maka sesungguhnya dia bersyukur untuk dirinya sendiri.

            Luqman berkata dalam surat Luqman ayat 13 yang isinya “ hai anakku janganlah kamu mensekutukan Allah, sesungguhnya mensekutukan Allah adalah kezaliman yang besar. Nasehat dan motifasi ini ia berikan langsung kepada anaknya sewaktu luqman memberi pelajaran kepadanya.

            Dan Allah juga memerintahkan kepada manusia agar mengormati kedua orangtuanya dan berbuat baik kepada orang tuanya. Karena ibunya yang mengandungnya selama 9 bulan dan berjuang melahirkannya serta menyapihnya di usia minimal 2 tahun. Bersyukurlah kepada Allah dan kedua orang tuamu dan hanya kepada Allah lah kembalimu.

            Dalam surat Luqman juga disebutkan bahwa jangan kau mensekutukan Allah walau yang memaksa itu adalah orang tuamu sendiri. Maka jauhilah mereka jika memang benar – benar memaksamu untuk mesekutukan Allah. Dan Allah menyuruh untuk pergi bersama orang – orang baik yang kembali ke jalan Allah.

            Di surat Luqman, Luqman juga berkata kepada anaknya “ hai anakku, sesungguhnya jika ada suatu perbuatan seberat biji sawi dan berada dalam batu atau dilangit atau dibumi niscaya Allah akan mendatangkannya, sesungguhnya Allah maha mengetahui “.

            Motifasi Luqman di surat Luqman ini lainnya yaitu :

  1. perintah Luqman dalam surat Luqman untuk mendirikan shalat .
  2. perintah Luqman yang kedua dalam  untuk mengerjakan kebaikan dan mencegah perbuatan munkar.
  3. Serta perintah Luqman yaitu untuk bersabar.
  4. Motifasi Luqman untuk tidak memalingkan muka dari orang – orang yang sombong. Dan Luqman juga berkata janganlah sekali – kali kamu sombong.
  5. Motifasi Luqman untuk tidak angkuh dan berjalan angkuh.
  6. Nasehat Luqman yang terakir di surat Luqman yaitu agar jangan berjalan terlalu cepat dan jangan berjalan terlalu lambat.

Luqman juga berkata di motifasi tersebut “ janganlah kamu sekali-kali sombong dan membanggakan diri, karena sesungguhnya Allah tidak suka pada orang yang seperti itu.



META
JUDUL                                  : Motifasi Luqman Kepada Anaknya Dalam Surat Luqman
DISKRIPSI                          : Orang tua adalah segalanya dalam hidup kita dan berkat kedua orang tua kita bisa menjadi seperti sekarang. Bimbingan orang tua kita lah yang mendewasakan kita. Dan bersyukurlah kepada Allah SWT dan barang siapa yang bersyukur kepada Allah maka sesungguhnya dia bersyukur untuk dirinya sendiri.

KEYWORD                         : Luqman
Advertisement