Sabtu, 31 Oktober 2015

Definisi Haji

Haji adalah salah satu ibadah yang masuk ke dalam rukun islam. Menunaikan ibadah haji merupakan rukun islam yang ke lima di mana hanya diperuntukkan kepada orang orang yang sudah sangat mampu lahir maupun batin. Akan tetapi semua umat islam pasti memiliki impian untuk dapat menunaikan ibadah haji karena dengan menunaikan ibadah haji rukun islam seseorang akan terpenuhi. Menurut bahasa haji berarti sebagai menyengaja atau mengunjungi. Dan menurut syarak haji berarti mengunjungi Baitulloh dengan niat mendekatkan diri dan beribadah kepada Allah.
Melaksanakan ibadah haji sudah ditentukan waktu dan syarat syaratnya. Seseorang dapat dikatakan sebagai haji mabrur jika ia memenuhi syarat dan rukun ibadah haji. Adapun syarat-syarat seseorang melaksanakan ibadah haji yaitu:
-          Beragama islam
-          Sehat jasmani maupun rohani
-          Baligh
-          Mampu
-          Merdeka
Dalam melaksanakan haji ada rukun rukun tertentu yang wajib untuk dilakukan jika salah satu rukun tidak dilakukan maka seseorang wajib membayar denda atau dam. Rukun dari beribadah haji antara lain:
-          Ihram
Yang dimaksud dengan ihram ialah mempunyai niatan mengerjakan ibadah haji ditandai dengan memakai pakaian ihram yaitu pakaian kain putih yang tidak berjahit.
-          Wukuf
Wukuf adalah mendatangi Padang Arafah ketika tergelincirnya matahari pada tanggal yang ditentukan yaitu tanggal 9 Zulhijjah
-          Tawaf
Tawaf adalah mengelilingi ka’bah sebanyak 7 kali putaran dimulai dari Hajar Aswad ke arah kiri Baitulloh. Ketika berhaji tawaf ini disebut dengan Tawaf Ifadhah.
-          Tahallul
Tahallul adalah mencukur rambut minimal 3 helai.
-          Sa’i
Sa’i adalah lari lari kecil yang dilakukan dimulai dari bukit safa
ke bukit marwa sebanyak 7 kali
-          Tertib
Maksud dari tertib ialah melaksanakan rukun haji secara runtut dan tidak ada yang tertinggal.
Selain rukun dan syarat yang perlu diketahui selanjutnya adalah larangan haji. Larangan haji yaitu:
-          Mencukur rambut atau bulu badan
-          Berhubungan suami istri
-          Menggunjing
-          Memakai wangi-wangian
-          Membunuh atau berburu binatang liar

Demikianlah sedikit rangkuman tentang pengertian dari haji semoga kita dijadikan oleh Allah mampu untuk melaksanakan rukun islam yang kelima ini dan dijadikan seorang muslim yang taat dengan perintahnya amin.

0 Silahkan dikomentarin :-):

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com