-->

Keutamaan Shalat Ashar

Keutamaan Shalat Ashar
Keutamaan Shalat Ashar
Shalat ashar adalah shalat wajib yang di laksanakan pada waktu pertengahan. Pertengahan yang di maksud adalah pergantian antara siang ke malam. Ada 4 rakaat yang harus di jalankan dalam shalatashar ini. Keutamaan shalat ashar sendiri di samakan dengan keutamaan shalat subuh. Shalatashar ini sendiri juga salah satu shalat yang dapat mengantarkan seorang muslim masuk surga. Sebaliknya bila ada seorang muslimyang meninggalkan shalatashar ini neraka adalah hukumnya. Hal tersebut dikarenakan semua pahala akan terhapuskan bila tidak menjalankan shalatashar ini. Dengan tidak memiliki pahala seseorang sudah pasti akan masuk neraka.
Rasulullah Muhammad SAW juga bersabda mengenai pentingnya shalatashar ini. berikut sabda Rasulullah.

“Para malaikat mengawasi kalian dengan bergantian antara malam dan siang. Mereka kemudian berkumpul pada waktu shalat subuh dan shalatashar. Lalu malaikat yang mengawasi di malam hari naik ke atas. Maka Tuhan bertanya–meski Dia lebih tahu dari mereka, ‘Bagaimana kalian meninggalkan hamba-hambaKu?’ Para malaikat menjawab, ‘Ketika kami pergi, mereka sedang melaksanakan shalat. Dan ketika kami datang, mereka juga sedang melaksanakan shalat” (HR Bukhari)
“Siapa saja yang tidak melaksanakan shalat Ashar, maka amal perbuatannya akan hilang sia-sia.” (HR Bukhari)


Meskipun shalatashar sangatlah penting akan tetapi masih banyak juga umat muslim yang belum menjalankannya dengan rutin. Kebanyakan orang justru giat bekerja saat sudah masuk waktu shalatashar, hal tersebut sebenarnya tidaklah baik. Ketika sudah masuk waktu shalat semua kegiatan harus di hentikan dan segera mengerjakan shalat. Mengerjakan shalat sendiri sebenarnya tidak mengurangi rezeki yang ada. Justru dengan mengerjakan shalat Allah SWT akan menambahkan rezeki tersebut. Selain itu mengerjakan shalatashar juga dapat mengusir kemalasan yang menghinggapi seseorang. Memang pada saat pergantian waktu siang pada malam rasa malas akan menghinggapi. Rasa malas tersebut akan menghalangi kegiatan yang sedang di lakukan. Maka dari itu shalatashar wajib di laksanakan. Dengan menjalankan shalatashar ini sendiri pahala pasti akan bertambah, rezeki pun juga dapat berlimpah. 
Advertisement