Jumat, 23 Oktober 2015

Tata Cara Sholat Sunnah

Sholat sunah di bagi menjadi dua yaitu sholat sunnah Rawatib dan sholat sunah bukan Rawatib. Sholat sunah Rawatib adalah sholat  sunah yang di kerjakan sebelum dan sesudah sholat fardhu, sedangkan sholat yang bukan rawatib adalah sholat sunah yg dikerjakan tidak berkaitan dengan sholat fardhu. Tata cara  sholat sunah beragam sesuai  dengan sholat sunah yang akan di laksanakan. Sholat sunah rawatib di bagi lagi menjadi dua bagian yaitu sholat sunah rawatib muakad dan sholat sunnah rawatib ghoiru muakad.
Pahala yang di peroleh setiap sholat sunah yang di kerjakan juga berbeda-beda, sholat sunah muakad pahala nya lebih besar dan lebih mulia bagi Allah. Sedang kan pahala sholat sunah ghoiru muakad masih di bawah pahala sholat sunah rawatib muakad tapi semua sholat sunah ini memiliki pahala tersendiri bagi yang melaksanakan  karena Allah maha melihat lagi maha penyayang hamba-Nya.
Tata cara melaksanakan sholat sunah yaitu :
1.      Bersuci
Bersuci seperti membersihkan najis dan hadast, hadast kecil bersuci dengan berwudhu dan hadast besar bersuci dengan mandi besar.
2.      Niat
Niat itu berada di dalam hati ,boleh di ucapkan tapi hati harus tetap berucap bersamaan dengan niat di lafadz kan lalu niat sholat sunah sesuai sholat sunah yang akan di kerjakan
3.      Berdiri tegak bagi yang mampu
Jika berhalangan boleh duduk, merebahkan badan ,atau tidur terlentang
4.      Takbiratul ikhram
Mengangkat kedua tangan bersamaan dengan niat
5.      Membaca doa iftitah,alfatihah dan surat pendek pada setiap rakaat nya
6.      Ruku’ dengan thuma’ninah
7.      I’tidal dengan thuma’ninah
8.      Sujud dengan thuma’ninah
9.      Duduk di antara dua sujud dengan thuma’ninah
10.  Duduk tasyahud akhir
11.  Membaca doa tasyahud akhir
12.  Membaca sholawat nabi pada tasahud akhir
13.  Membaca salam yang pertama untuk mengakhiri sholat sunah
14.  Tertib
Setelah melaksanakan sholat sunah hendaknya memperbanyak berdzikir dan berdoa kepada Allah semoga hajat yang di harapkan terkabulkan. Semoga dengan melaksanakan sholat sunah kita dapat lebih mendekatkan diri kepada Allah dan selalu dalam lindungannya. Amin.


0 Silahkan dikomentarin :-):

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com