Selasa, 16 Februari 2016

Berbagai Keutamaan Menangis Karena Allah





Menangis adalah hal yang dilakukan oleh manusia ketika sedang mengalami rasa bahagia yang tiada terkira, sedih, dan takut akan suatu hal. Dari berbagai penelitian, menangis bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan manusia seperti menghilangkan segala racun atau kotoran dalam mata, membantu penglihatan, serta menghilangkan rasa kegelisahan yang ada di hati. Namun tahukah anda ternyata selain untuk kesehatan, menangis memiliki banyak keutamaan terlebih jika anda menangis karena Allah. Menangis karena Allah bukanlah hal yang bisa dibuat-buat karena itu berasal dari perasaan hati yang paling dalam. Adapun beberapa Keutamaan Menangis Karena Allah akan diulas dalam penjelasan berikut.

Keutamaan Menangis Karena Allah yang pertama adalah Allah akan menjanjikannya sebuah naungan ketika berada di ‘Arsy. Hal ini telah disabdakan oleh Rasulullah bahwa seseorang yang terbiasa menangis karena takut akan Allah, maka Allah akan memberikan naungan untuk dirinya ketika di ‘Arsy di mana tidak ada naungan lain kecuali naungan dari Allah. Keutamaan Menangis Karena Allah kedua yakni terjamin dari adzab Allah yang maha dahsyat. Sebuah hadist Rasul yang disampaikan oleh perawi Hadist, At-Tirmidzi, menyebutkan bahwa dua mata yang tak akan disentuh oleh panasnya adzab neraka adalah dua mata yang menangis karena Allah.
Adapun Keutamaan Menangis Karena Allah berikutnya adalah bahwa segala dosa-dosanya akan diampuni oleh Allah. Tak semua orang bisa menangis karena takut pada Allah. Allah menjanjikan akan menghapuskan dosa-dosa mereka yang menangis ketika mengingat Allah, terlebih untuk mereka yang sering melakukan sholat malam di mana orang lain sedang tertidur pulas. Air mata yang benar-benar tulus keluar dari dua bola mata seorang hamba menunjukkan bahwa dia benar-benar merasakan dosa besar dan ketakutan pada Allah. Itulah mengapa Allah menyayangi hambaNya yang menangis untukNya. Selain itu, Keutamaan Menangis Karena Allah adalah bahwa jalan mereka menuju surga akan dipermudah. Rasulullah pernah bersabda bahwa Tak akan ada hamba yang dimasukkan ke neraka ketika mereka menangis karena rasa takutnya pada Dzat penguasa alam semesta, Allah Ta’ala.

Dalam sebuah kesempatan yang lain, Rasulullah juga menyebutkan bahwa seandainya manusia tahu apa yang diketahui oleh Rasulullah, maka mereka akan sedikit tertawa dan memperbanyak menangis karena Allah. Hal itu menjadikan banyak sahabat menangis terisak-isak mengingat berbagai perbuatan yang akan mereka pertanggung jawabkan di hadapan Allah. Keutamaan Menangis Karena Allah yang lainnya adalah bahwa menangis merupakan salah satu bukti tanda-tanda keimanan seseorang. Allah berfirman dalam Al-Qur’an bahwa orang-orang yang beriman adalah mereka yang hatinya bergetar ketika mendengar dan mengingat Allah. Dari berbagai penjelasan tersebut, kita tahu bahwa menangis karena takut pada Allah adalah hal yang sangat penting dan membawa banyak sekali keutamaan. Semoga bermanfaat.
                                                                                                                                                                             

0 Silahkan dikomentarin :-):

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com