-->

BAYI TABUNG

BAYI TABUNG
BAYI TABUNG


BAYI TABUNG
Pertanyaan:
Apakah bayi tabung bertentangan dengan agama?
Jawab:
Bayi tabung merupakan penemuan baru oleh akal manusia di bidang kedokteran, yang sejak lama diusahakan para pakar kandungan untuk menolong para wanita yang sulit hamil. Metode yang dipakai ialah dengan cara mengambil ovum dari wanita dan sperma dari lelaki, yang kemudian ditampung di dalam sebuah tabung dalam jangka waktu tertentu, dengan derajat panas tertentu seperti dalam rahim ibu. Ini melalui beberapa proses perkembangan, kemudian setelah saatnya tiba, benih itu dimasukkan ke dalam rahim ibu untuk perkembangan berikutnya, sampai saatnya calon bayi itu lahir.
Dalam hal ini, para dokter itu tidak melakukan atau menciptakan sesuatu apa pun. Mereka hanya memindahkan ovum dan sperma itu saja, bukan menciptakannya, jadi proses bayi tabung itu tidak bertentangan dengan kehendak Allah yang tentu saja tidak bertentangan dengan syariat-Nya. Tetapi kalau sperma dan ovum itu bukan berasal dari suami dan istri yang sah, soal tersebut sudah beralih pada pembicaraan mengenai keturunan. Hukumnya haram, sama seperti anak zina.


Sumber Pustaka:
Sya’rawi, Muhammad Mutawai.  2007. Anda Bertanya Islam Menjawab. Diterjemahkan Oleh: Abu Abdillah Almansyur. Jakarta. Gema Insani
Advertisement