-->

Pengertian Masa ’Iddah Dalam Islam

Pengertian Masa ’Iddah Dalam Islam
Pengertian Masa ’Iddah Dalam Islam
Pengertian iddah menurut bahasa adalah  bilangan atau hitungan, sedangkan menurut istilah adalah  jangka waktu atau menunggu. Seseorang yang mengalami masa idah belum diperbolehkan untuk menikah lagi meskipun sudah pisah ranjang. Dengan adanya masa iddah maka ini adalah kesempatan yang diberikan pada suami untuk berpikir kembali apakah ingin rujuk kembali atau tidak dengan istrinya. Dan iddah hanya berlaku untuk para istri bukan pada suami. 
Iddah ada beberapa macam diantaranya:
1. Massa iddah bagi wanita hamil: pada massa ini jika sang istri di talak oleh sang suami pada masa kandungan maka masa iddah sang istri adalah selama sang istri hamil hingga melahirkan  dan jika sang suami masih hidup maka sang suami wajib menafkahi sang istri Selama mengandung sampai melahirkan seperti memberikan kenyamanan bagi mantan istri  dan anak yang di kandung, memberikan rumah, pakaian, kelengkapan rumah tangga, persiapan untuk kelahiran sang anak hingga biaya persalinan mantan istri semua di tanggung mantan suami. Akan tetapi jika sang istri di tinggal mati oleh sang suami maka masa iddah yang harus di tempuh sang istri selama 4 bulan 10 hari.
2. Masa iddah bagi wanita haid : pada masa sang istri dalam keadaan haid namun di talak oleh sang suami maka masa iddah sang istri yang harus di jalani adalah tiga kali suci nya dari haid saat pertama di talak sang suami
3. Masa iddah bagi wanita menoupose : jika sang istri di talak sang suami pada masa  tidak haid lagi atau dalam bahasa biologi di sebut menopause maka masa iddah yang harus di tempuh sang istri selama 3 bulan.
4. Masa iddah bagi wanita yang belum di campuri: bagi istri yang menikah namun belum di campuri atau melakukan hubungan suami istri maka masa iddah istri tersebut tidak ada. Jika mendapat talak raj’i maka sang mantan istri mendapatkan kenyamanan pula seperti rumah dan perlengkapan rumah tangga.

Demikian sedikit pengetahuan tentang pengertian dan macam macam  masa iddah dan semoga pengetahuan ini berguna dan bermanfaat bagi setiap  umat muslim. Amin.
Advertisement