-->

Apasih Pengertian Sabar Dalam Islam ?

Apasih Pengertian Sabar Dalam Islam ?
Apasih Pengertian Sabar Dalam Islam ?



Sabar adalah sebuah sikap yang biasa muncul untuk menahan segala nafsu ataupun amarah yang ada dalam diri setiap manusia. Dalam Islam sendiri, sabar memiliki berbagai pengertian yang tentu terangkum dengan jelas pada Al-Qu’ran dan Hadist yang merupakan sumber utama pengetahuan umat Islam. Berbicara mengenai pengertian sabar, berikut adalah Pengertian Sabar dalam Pandangan Islam.

Kata sabar merupakan bahasa serapan dari bahasa Arab yakni ‘Shobaru-yashbiru’ yang memiliki arti menahan. Secara garis besar, seorang yang sabar berarti orang yang mampu menahan dirinya dari segala kekusahan serta celaan dan menjaga seluruh anggota tubuhnya dalam melakukan hal-hal yang menjerumuskan diri pada dosa. Itu adalah pengertian sederhana dari sabar.

Dalam Islam sendiri, pengertian sabar dalam pandangan Islam bisa ditunjukkan dalam beberapa hal. Pertama adalah sabar dalam menjalankan segala perintah yang datang dari Allah. Manusia harus selalu bersabar untuk menjalankan segala kewajiban agama mulai seperti sholat, zakat, puasa, serta berbuat baik pada sesama manusia.

Adapun Pengertian Sabar dalam Pandangan Islam selanjutnya adalah sabar dari segala apa yang dilarang oleh Allah. Manusia tentu memiliki hawa nafsu yang harus dikendalikan. Dalam Islam sendiri, Allah secara jelas menjelaskan tentang segala hal yang dilarang untuk dilakukan seorang muslim. Berbagai godaan yang datang baik dari manusia lain serta dari diri sendiri harus benar-benar ditekan agar tidak dilakukan.


Untuk Pengertian Sabar dalam Pandangan Islam ketiga yakni bersabar terhadap segala yang telah ditakdirkan oleh Allah. Takdir merupakan hal yang tentu tak bisa dihiindari oleh manusia. Masing-masing manusia memiliki takdir yang berbeda-beda sehingga apapun garis takdir yang dimilikinya, manusia harus tetap bersabar menghadapi itu semua. Dalam hal ini, Rasulullah bersabda bahwa jika seorang hamba diuji dengan kedua matanya dan dia tetap bersabar menghadapi ujian tersebut, maka Allah akan menggantinya dengan surga.

Dari berbagai penjelasan mengenai pengertian sabar dalam pandangan Islam bisa ditarik sebuah kesimpulan bahwa pertama, sabar yakni sebuah dorongan yang datang dari diri manusia untuk melakukan segala perbuatan baik yang dituntut oleh akal serta syariat dan mencegah dirinya untuk melakukan perbuatan yang dilarang oleh agama. Kedua, pengertian sabar dalam pandangan islam adalah menahan dirinya saat sedang tertimpa kesusahan untuk tidak berkeluh kesah kepada apa yang telah ditakdirkan oleh Allah yang menimpa dirinya. Ketiga, sabar merupakan sebuah kekuatan untuk memunculkan motivasi yang bersifat religious terhadap segala dorongan nafsu yang bersifat setani, yakni nafsu yang muncul dari setan sehingga manusia yang bersabar harus senantiasa menjalankan kewajiban agamanya. Itulah beberapa pengertian sabar dalam pandangan Islam serta pengaplikasiannya pada kehidupan sehari-hari. Sebagai seorang muslim, sudah selayaknya sifat sabar harus ditanamkan di dalam diri sejak dini. Semoga bermanfaat.

META
Judul                     : Pengertian sabar dalam pandangan islam serta pengaplikasiannya dalam hidup
Deskripsi            : sabar adalah sebuah sikap menahan segala godaan hawa nafsu yang muncul dari dalam diri manusia serta kemampuan untuk menjalankan segala perintah yang diwajibkan oleh Allah. Manusia yang sabar adalah manusia yang sanggup menerima takdir yang diberikan Allah pada dirinya. Oleh karena itulah menanamkan rasa sabar pada diri sejak dini adalah hal yang wajib dilakukan untuk menjadi pribadi yang mulia.
Keyword             : Pengertian sabar dalam pandangan islam

Advertisement