-->

Hikmah Sholat dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Hikmah Sholat dan Manfaatnya Bagi Kesehatan
Hikmah Sholat dan Manfaatnya Bagi Kesehatan
Sumber : Tribunnews



Islam adalah agama yang Rahmatan lil’alamiin, yang mana berarti Islam adalah agama yang membawa Rahmat bagi seluruh alam. Allah SWT, dengan segala kekuasaan-Nya telah menjadikan Islam sebagai agama yang nantinya akan menjadi penyelamat bagi umatnya. Islam dengan setiap detailnya telah mengajarkan para muslim dan muslimah untuk menjalani kehidupan dengan baik yang berpedoman pada al-Qur’an dan Hadits.
Allah menciptakan segala sesuatunya dengan tujuan dan hikmah di dalamnya. Hal itu berarti Allah tidak menciptakan sesuatu dengan kesia-siaan. Termasuk dalam hal sholat, setiap gerakan dalam sholat memiliki beragam manfaat bagi kesehatan kita. Berikut ini beberapa manfaat sholat untuk kesehatan.
a.       Takbiratul Ihram
Posisi tangan saat takbiratul ihram seperti ini dapat menghindarkan kita dari berbagai gangguan persendian, terutama pada tubuh bagian atas.
b.      Rukuk
Pada posisi rukuk, posisi jantung akan sejajar dengan otak, yang mana akan membuat aliran darah maksimal pada tubuh bagian tengah. Kemudian untuk tangan yang bertumpu pada lutut bermanfaat sebagai relaksasi untuk otot-otot bahu hingga ke bawah. Rukuk juga merupakan latihan kemih yang bermanfaat untuk mencegah gangguan prostat.
c.       I’tidal
Yaitu Gerakan bangun dari rukuk untuk kembali berdiri tegak. Saat melakukan gerakan ini, organ pencernaan yang berada dalam perut mengalami pemijatan serta pelonggaran secara bergantian. Manfaat dari gerakan ini adalah membuat pencernaan menjadi lebih lancar.
d.      Sujud 
Gerakan sujud membantu aliran getah bening untuk dipompa ke bagian leher dan ketiak. Pada posisi ini juga membantu aliran darah menuju otak menjadi lancar, sehingga usahakan sujud dengan tuma’ninah agar otak mendapat pasokan darah yang cukup.
e.       Duduk
Dalam sholat ada dua macam duduk, yaitu duduk iftirosy dan duduk tawarruk.  Jika keduanya dilakukan dengan benar, akan menjaga kelenturan dan kekuatan organ-organ gerak kita.
f.        Salam
Manfaat dari gerakan ini adalah dapat mencegah sakit kepala dan menjaga kekencangan kulit wajah.
Demikian cara sehat dengan sholat. Maha benar Allah dengan segala ketentuan-Nya. Menjadikan setiap ibadah sebagai sarana untuk memperoleh kesehatan. Semoga kita senantiasa istiqomah untuk mendirikan sholat, sebab darinya kita akan mendapatkan kesehatan, serta dapat mencegah perbuatan yang keji dan munkar.


“META”
Judul                     : Sehat Dengan Sholat
Kata Kunci          : Sholat
Deskripsi            : Allah menciptakan segala sesuatunya dengan tujuan dan hikmah di dalamnya. Hal itu berarti Allah tidak menciptakan sesuatu dengan kesia-siaan. Termasuk dalam hal sholat, setiap gerakan dalam sholat memiliki beragam manfaat bagi kesehatan kita.

Advertisement