-->

Ternyata, Inilah Manfaat Buah Tin Bagi Kesehatan

Ternyata, Inilah Manfaat Buah Tin Bagi Kesehatan
Ternyata, Inilah Manfaat Buah Tin Bagi Kesehatan



                Buah tin adalah buah kesukaan Nabi Muhammad SAW. Buah tin adalah salah satu buah yang terdapat dalam salah satu surat di dalam Al – Qur’an yaitu surat At – Tin. Dalam bahasa latin buah tin disebut dengan Ficus Carica. Buah yang sangat terkenal dalam dunia Islam ini berasal dari Asia Barat. Karena buah ini disebut oleh Allah SWT dalam firman-Nya di Al – Qur’an pada surat At – Tin yaitu surat ke 95.
               
Dalam suatu riwayat dari Abu Zar r.a bahwa pada suatu hari Rasulullah SAW mendapatkan hadiah satu bekas buah tin. Kemudian Nabi Muhammad SAW mengajak sahabat-sahabat untuk makan dan Nabi pun juga ikut makan seraya berkata “kalau aku perkataan tentang buah yang iturunkan dari syurga. Niscaya aku katakan inilah karena buah-buahan syurga tidak berbiji. Oleh karena itu makanah buah ini. Sesunguhnya buah ini menghentikan penyakit wasir dan menyehatkan badan.”
Dari sabda Rasulullah SAW diatas, terdapat kesimpulan bahwa buah tin adalah buah yang berasal dari surga. Manfaat buah tin juga ada banyak sekali. Manfaat buah tin yang disebutkan Rasulullah SAW dalam sabda diatas adalah untuk mencegah penyakit dan menyehatkan badan, selain itu juga bisa menghilangkan toksin berbahaya dalam tubuh manusia.
                Menurut penelitian yang dilakukan di USA menyebutkan bahwa buah tin ternyata tidak mengandung, lemak, garam  dan kolesterol. Buah tin mengandung serat,  kalium, dan zat besi yang tinggi. Dalam 100 gram buah tin bisa kita temukan 20% dari zat serat dapat kita gunakan untuk seharian.
               
Selain manfaat buah tin yang ada pada sabda Rasulullah Saw diatas, terdapat juga manfaat-manfaat lainnya.  Manfaat buah tin yang pertama yaitu mengobati encok, persendian meresap yang namanya asam garam (urat). Penyakit encok muncul karena adanya kandungan daging merah yang dikonsumsi terlalu banyak sehingga menyebabkan asam amino menjadi rusak, yaitu asamsel somatic. Buah tin berkaitan erat dengan enzim khusus yang dapat merubah trimethyl menjadi zat asam folat. Obat-obatan yang biasa dikonsumsi untuk mengobati penyakit ini menjadikan tubuh lemah akan enzim, namun buah tin bisamenormalkan funsi kinerja dari enzim.
               
Manfaat buah tin selanjutnya adalah kaya serat, magnesium, tembaga, kalium, vitamin K, dan kalsium yang sangat diperlukan untuk kebutuhan serta kesehatan tubuh manusia.
                Manfaat buah tin yang lainnya adalah kaya akan kandungan serat sehingga mampu megurangi berat badan. Untuk anda yang ingin melakukan program diet, buah tin snagat cocok untuk menurunkan berat badan anda. 
               
Itu dia beberapa manfaat buah tin untuk kesehatan. Semoga bisa menambah informasi bagi anda yang sebelumnya belum mengetahui manfaat buah tin.




  1.  


Advertisement