-->

Apakah Siksa Kubur Itu Ada?

Apakah Siksa Kubur Itu Ada?
Apakah Siksa Kubur Itu Ada?

Siksa kubur merupakan suatu perihal yang gaib. Tidak satu pun orang yang mampu mendengar dan mengetahuinya. Adapun gambaran-gambaran siksa kubur yang beredar dalam bentuk video maupun gambar dan sebagainya, itu hanyalah sebuah rekayasa manusia semata karena tidak satu pun orang yang tahu bagaimana rasanya siksa kubur tersebut. Lantas apakah siksa kubur itu ada

Berikut penjelasan Ust. Muhammad Mutawalli asy-Sya’rawi (dalam Anda Bertanya Islam Mejawab) yang  menerangkan bahwa;

Siksa kubur memang benar ada, yaitu dengan diperlihatkan kepada mayat dalam kuburnya, apa-apa yang akan dialami kelak dari siksa neraka.
Allah menjelaskan betapa siksa yang dialami Fir'aun dalam kehidupan alam kubur atau alam barzakh sangat mengerikan.
Firman Allah,

"Kepada mereka diperlihatkan neraka pagi dan petang. Dan pada hari kiamat diperintahkan kepada malaikat, 'Masukkanlah Fir'aun dan kaumnya ke dalam azab yang sangat keras.'""(al-Mu'min: 46)
Hadits-hadits Rasulullah juga menerangkan tentang siksa kubur, di antaranya, tanah-tanah merangkul dan mengimpit tubuh si mayat sehingga tulang rusuk yang kanan beradu dengan tulang rusuk yang kiri.
Jika bertanya tentang benar atau tidak adanya siksa kubur, tentu kita harus yakin benar akan adanya siksa akhirat (neraka), sebab ini menyangkut rukun iman.
Kalau juga ada yang bertanya,
"Mengapa kelak manusia di akhirat diadili (hisab) untuk ditentukan tempatnya di surga atau neraka?"
Jawabannya, bisa kita ambil contoh di dunia ini. Orang yang bersalah sebelum diadili dan diputus hukumannya lebih dulu diperiksa oleh polisi atau jaksa. Dibuat berita acara, kemudian diserahkan pada penuntut umum, lalu ke pengadilan.Mungkin juga dilakukan penahanan. Proses seperti itu sudah merupakan siksa bagi si tertuduh.


Sumber Pustaka:

Sya’rawi, Muhammad Mutawai.  2007. Anda Bertanya Islam Menjawab. Diterjemahkan Oleh: Abu Abdillah Almansyur. Jakarta. Gema Insani
Advertisement