Kamis, 24 September 2015

11 Hukum Yang Perlu Diketahui Saat Haidh atau Datang Bulan

Hukum-hukum Saat Haidh
Arti haidh menurut lughot adalah darah yang mengalir. Sedangkan secara syar’i adalah darah yang keluar dari farji seorang wanita yang telah berumur 9 tahun dan dalam keadaan sehat. Darah haidh biasanya keluar mencapai 1 hari 1 malam dan keluarnya juga tidak lebih dari 15 hari, sama dengan sucinya juga tidak lebih dari 15 hari 15 malam.

            Dan setelah darahnya berhenti maka wanita tersebut di wajibkan untuk mandi besar dari ujung rambut hingga ujung kaki. Dan tanda berhentinya haidh yaitu bisa dilihat dengan kapas, jika sudah berhenti sudah selesai dan diwajibkan untuk sholat. Dan ini ada 11 hukum – hukum yang perlu anda ketahui saat haidh, yaitu sebagai berikut :

1.       Hukum haidh yang ditimbulkan oleh sifat balighnya seseorang adalah wajib dan bersifat mukalaf.
2.      Jika anda mengalami masa ini dibawah usia minimal atau dibawah usia 9 tahun maka hukumnya isthihadhoh.
3.      Dan darah yang keluar di usia yang monopose dalam waktu 1 hari 1 malam maka darah tersebut juga disebut dengan haidh.
4.      Jika anda suci dalam waktu kurang dari 15 hari dan setelah beberapa hari kemudian anda keluar darah lagi maka hukum darah tersebut adalah haidh, itu jika masih dalam lingkup 15 hari.
5.      Hukum istihadhoh jika darah yang pertama suci anda lebih dari 15 hari.
6.      Istihadhoh jika saat hari ke 15 dalam keadaan keluar darah, dan darah yang keluar pertama saat masa suci lebih dari 15 hari.
7.      Hukum mengqodho’ shalat pada saat haidh adalah haram. Karena seharusnya mengqhodo’ tersebut dilakukan setelah suci bukan sebelum suci.
8.      Hukum memotong kuku dan rambut tidak haram, ini berarti boleh-boleh saja namun setelah suci maka kuku dan rambut tersebut harus dimandikan.
9.       Hukum orang yang haidh membaca Al-Qur’an dengan niat dzikir adalah makruh. Namun lebih afdol jika tidak membacanya dan menggantikan dengan membaca sholawat.
10.   Jika wanita mengeluarkan darah sebelum maka hukumnya istihadhoh, dan setelah itu hukumnya tetap haidh.
11.    Hukum mempelajari tentang haidh bagi seorang wanita adalag fardu’ain.

Demikian ke 11 hukum yang terdapat dalam haidh. Fardu’ain bagi seorang wanita untuk mempelajarinya dan semoga bermanfaat.



META
Judul                     : Hukum – Hukum Saat Haidh
Diskripsi             : Arti haidh menurut lughot adalah darah yang mengalir. Sedangkan haidh secara ssyar’I adalah darah yang keluar dari farji seorang wanita yang telah berumur 9 tahun dan dalam keadaan sehat. Darah haidh biasanya keuar mencapai 1 hari 1 malam dan keluarnya juga tidak lebih dari 15 hari, sama dengan sucinya juga tidak lebih dari 15 hari 15 malam.

Keyword                             : Haidh

0 Silahkan dikomentarin :-):

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com